Review Honda Vario 150 Terbaru Hasil Test Ride

Honda vario 150 merupakan salah satu motor matic yang dikenal dengan tampilan gagah dan juga memiliki kondisi mesin yang kuat. Selain itu, motor ini terkenal dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang irit. Peminat motor matic yang memilih vario 150 sebagai kendaraan untuk di daerah perkotaan juga cukup tinggi dikarenakan penggunaannya cukup stabil dan tidak memerlukan perawatan yang ketat. Untuk memperoleh informasi lebih banyak tentang motor tersebut, berikut merupakan review honda vario 150 terbaru berdasarkan fakta test ridenya.

  1. Kondisi fitur dan teknologi

Honda vario 150 menampilkan sentuhan baru pada spidometernya yaitu menggunakan tekhnologi full digital. Petunjuk kecepatan menempati porsi terbesar pada spidometer dan terdapat tempat untuk fuel cusumption yang terletak di bagian ujung kanan bawah. Terdapat grafik konsumsi bensin yang bekerja berdasarkan aliran bensin. Selain itu, terdapat pula info voltmeter yang menunjukkan kondisi mesin stabil di 14,5 volt. Jika mesin mati sistem ISS voltase akan turun menjadi 13,2 volt sehingga lampu yang terdapat pada spidometer tampak lebih redup.

Kelemahan yang dimiliki dari adanya pengaturan tersebut adalah informasi pada spidometer akan lebih sulit terlihat ketika berkendara di siang hari saat suasana sedang terik. Fitur lain yang dimiliki adalah terdapat 2 konsol pada area bawah kedua stang dan terdapat satu gantungan diantanya. Terdapat pula bagasi yang sangat luas dengan muatan 18 liter sehingga dimungkinkan helm bisa masuk didalamnya. Selanjutnya mesin yang digunakan sama seperti sebelumnya, menggunakan mesin eSP dengan pasokan bensin PGM-FI, menggunakan tekhnologi ACG starter sehingga memungkinkan mesin tidak menunjukkan suara.

  1. Smart key system

Smart key system pada vario 150 terbaru memiliki 2 tombol pada bagian remotnya yang berfungsi untuk answer back system dan alarm pada bagian tombol atas dan fungsi on/off smart key di bagian bawahnya. Sistem smart key ini juga dilengkapi fitur yang dapat mengantisipasi hilangnya kunci dengan membiarkan mesin tetap hidup untuk mengambil kunci cadangan.

  1. Riding position dan handling

Jok vario 150 terbaru memiliki tinggi standard yaitu 769 mm, sehingga nyaman untuk digunakan orang dengan tinggi 170 cm. Body yang ditampilkan cukup lebar dan jok terasa cukup keras seperti tampilan vario 150 sebelumnya. Bobot yang terdapat pada motor matic ini juga hampir sama dengan sebelumnya yaitu 112 kg sehingga cukup berat jika dibandingkan dengan motor matic lainnya. Namun dengan berat seperti itu, vario ini dinilai lebih stabil untuk motoran dengan kecepatan yang tinggi.

  1. Performa

Terdapat perubahan pada boks filter pada vario 150 terbaru yaitu menjadi lebih besar dan knalpotnya menjadi lebih pendek. Selain itu, performanya naik menjadi 13 dk di 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Lebih terasa gesit untuk berkendara di jalan perkotaan. Berikut adalah data akselerasi berdasarkan review honda vario 150.

Data Akselerasi
0-60 km/j: 4,9 detik
0-80 km/j: 8,9 detik
0-100 km/j: 19,4 detik
0-100 m: 7,5 detik (@74,3 km/j)
0-201 m: 12 detik (@87,8 km/j)
0-402 m: 19,6 detik (@100,2 km/j)
Top speed di spidometer: 116 km/j
Top speed di Racelogic: 107,7 km/j
Konsumsi bensin: 44,5 km/L (Gridoto.com)

  1. Penggunaan bensin

Konsumsi bensin yang digunakan berdasarkan review honda vario 150 terbaru berkisar 44,5 km/liter pada kondisi jalanan yang rusak sehingga pada jalan yang mulus dan pengemudi yang lebih bijak, konsumsi bensin akan lebih irit lagi.